Jangan Salah, Inilah 4 Cara Merawat Masker Kain yang Benar

mencuci masker

Masker bedah merupakan pelindung yang paling berkualitas dalam menangkal penularan virus corona. Namun, banyak orang yang memburu masker bedah sehingga keberadaan masker cukup langka di pasaran. Padahal masker bedah dibutuhkan oleh orang-orang medis yang bekerja menangani para pasien di klinik atau rumah sakit. Orang-orang non medis mulai beralih pada masker kain yang lebih murah dan ramah lingkungan.

Cara Merawat Masker
Meskipun Anda bisa mendapatkan masker bahan kain di mana saja, tetap utamakan cara mencuci dan merawat masker yang baik. Pasalnya, masker bahan kain hanya bisa dipakai selama 4 jam saja di luar ruangan. Yuk, ketahui tips merawat masker berikut ini!

Rajin Mencuci Masker dengan Benar
Masker dari bahan kain yang bagus hanya bisa digunakan dalam waktu 3-4 jam saja. Idealnya, para ahli merekomendasikan pakai masker dari bahan kain selama 30 menit saja. Kelembaban napas bisa membuat masker menjadi kurang efektif dalam menangkal virus. Sebaiknya segera cuci masker begitu Anda sampai di rumah, ya!

Bahan yang Digunakan untuk Mencuci Masker dari Bahan Kain
Bahan detergen dengan senyawa pemutih bisa Anda pilih untuk membersihkan masker bahan kain. Hal ini dikarenakan kandungan detergen dengan pemutih lebih efektif dalam membunuh mikroba. Untuk hasil pencucian yang lebih berkualitas, Anda bisa menggunakan air panas dengan temperatur minimal 60 derajat celsius. Lakukan pengeringan di bawah matahari agar masker benar-benar kering sempurna sebelum digunakan kembali.

Ketahui Cara Penggunaan dengan Benar
Anda harus memilih masker kain yang bagus dengan tiga lapisan untuk mencegah penularan virus corona yang memiliki ukuran kecil 0.1 mikron. Pilih model masker yang memiliki tali dan mengutamakan kenyamanan saat dipakai dari atas hidung sampai bawah dagu.

Anda tidak boleh menurunkan masker ke dagu hanya untuk berbicara atau makan sebab bisa menyebabkan partikel virus corona masuk ke dalam masker. Jika memang harus menurunkan masker, sebaiknya ganti penggunaan masker lama dengan masker baru. Anda tidak boleh menyentuh bagian masker sebab bisa memiliki risiko penularan virus dari tangan lebih besar.

Cara Menyimpan Masker yang Baik
Meskipun Anda bisa mencuci ulang masker bahan kain beberapa kali, sebaiknya tetap cuci, jemur dan simpan masker dengan baik. Lipat dan simpan masker dengan baik agar Anda bisa menggunakannya kapan saja. Miliki beberapa masker cadangan yang bisa Anda gunakan bergantian saat masker yang lain tengah dicuci atau dijemur.

Jangan pernah menggunakan masker dari bahan kain berulang kali tanpa mencuci lebih dulu, ya! Masker yang telah digunakan sangat berpotensi menularkan virus berbahaya pada Anda dan keluarga. Yuk, segera beli masker kain yang berkualitas sekarang juga! Kalau Anda bosan dengan tampilan masker yang biasa saja, bisa memilih ide atau desain masker custom yang unik.