Hal Kecil yang Bisa Buat Motor Kamu Tetap Prima

Bak pasangan hidup, sepeda motor juga butuh perhatian. Yah, hendaknya kamu menjadi pengguna yang bijak ya, yang bukan cuma memanfaatkannya saja tanpa memberinya perhatian agar ia terus sehat. Jika lalai, si motor bisa ngambek lho. Tahu sendiri kan, kalau motor udah ngambek biasanya super ngerepotin ngurusnya!

Untuk menghindari “ngambeknya” motor, tentu kamu harus merawat dan memerhatikannya sepenuh jiwa. Nah, kali ini saya akan berbagi tips ringan untuk merawat motor agar intensitas “ngambeknya” sedikit.

Cuci Motor secara Teratur

Sepeda motor adalah cerminan bagi si pemiliknya. Apabila motornya bersih dan cantik penampilannya, biasanya pemiliknya pun demikian. Begitu pun sebaliknya.

Nah, urusan mencuci motor ini biasanya sering diabaikan oleh usernya. Terlebih lagi kalau sudah memasuki musim hujan, rasanya terlalu malas untuk cuci motor, karena merasa itu seperti melakukan hal yang sia-sia saja.

Isi Angin Rutin

Sewaktu kuliah, saya beberapa kali telat masuk kelas diakibatkan di tengah jalan kena musibah berupa ban motor yang bocor. Dalam sebulan itu saya bisa beberapa kali mengalami ban gembos yang mesti dibenarkan. Sewaktu terlambat, dosen saya waktu itu langsung mengeluarkan ceramahnya, dengan tema pentingnya mengisi angin secara rutin untuk kesehatan ban sepeda motor.

Ganti Oli Rutin

Mengganti oli sangatlah penting untuk menjaga kesehatan motor kamu agar tetap ganas dan trengginas. Biasanya pihak dealer dan bengkel akan menyarankan kamu untuk mengganti oli tiap 2.000 km atau dua bulan sekali. Tergantung, yang mana dulu yang dicapai ya.

Untuk hal yang satu ini, hendaknya kamu jangan sekali-sekali sampai telat menggantinya. Bisa-bisa motor kamu turun mesin lho. Jika hal itu melanda motormu, maka ingatlah sodara, bahwa biayanya mahal dan tidak bisa selesai diperbaiki secara cepat. Paling tidak motor kamu harus menginap beberapa hari di “rumah sakit motor”.

Stop Memforsir Motormu

Saat mengendarai sepeda motor (terlebih motor baru beli), maka usahakan jangan terlalu berat membebaninya. Kelebihan berat yang ditanggung sepeda motormu bisa mengakibatkan penurunan fungsi shock breaker dan roda-roda motor barumu.

Panasi Motor Sebelum Digunakan

Mentang-mentang merasa bahwa teknologi zaman sekarang sudah canggih, lalu kamu beranggapan bahwa kalau langsung gas poll motor tiap pagi begitu saja tanpa mencederai motormu? Sungguh riskan.

Meskipun saat ini teknologi telah berkembang dan semakin canggih, paling tidak setiap pagi hendaknya kamu memanaskan motormu guna mencapai keadaan stasioner dan sirkulasi oli sudah merata dalam mesin. Yah, cukup beberapa menit saja, tak perlu lama-lama. Tak perlu digeber juga, bikin boros dan berisik tetangga.

Dengan menjalankan beberapa tips ringan ini, semoga motor kamu akan tetap on top performance.